Home Gadgets Strategi UMKM dalam Menghadapi Resesi dan Tindakan Bisnis melalui Digital

Strategi UMKM dalam Menghadapi Resesi dan Tindakan Bisnis melalui Digital

54
0

Strategi UMKM dalam Menghadapi Resesi dan Tindakan Bisnis melalui Digital – Tidak pernah ada yang berharap hal buruk terjadi pada bisnis yang dijalankan. Begitu juga dengan para pelaku usaha UMKM yang tiba-tiba harus menghadapi goncangan besar dalam usaha yang dilakukannya karena adanya pandemi corona. Pandemi ini sudah memaksa penggiat usaha di segala bidang untuk berhenti sejenak. Sayangnya, karena berhenti sejenak inilah banyak akhirnya yang tidak bisa meneruskan.

Bagi para pelaku bisnis UMKM yang masih bisa bertahan hingga saat ini tentu saja harus membuat perencanaan baru untuk membangkitkan dan menjalankan kembali usaha tersebut. Sebagai pengusaha yang cerdas, Anda harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Jangan hanya mengandalkan cara konvensional tapi juga harus memanfaatkan teknologi digital untuk mewujudkan hal ini.

Menggunakan strategi UMKM yang mengandalkan dunia digital ini sangat diperlukan mengigat perubahan konsumen yang sekarang lebih sering bertransaksi secara daring dari pada luring. Apalagi mengingat adanya pembatasan-pembatasan tertentu yang ditetapkan pemerintah supaya wabah corona tidak semakin berkembang. Oleh karenanya, penerapan strategi digital untuk UMKM menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan pada masa new normal ini.

Untuk merancang strategi digital, para pengusaha UMKM perlu memperhatikan tiga hal. Pertama adalah konten yang akan disuguhkan kepada audience yang mengunjungi situs atau media sosial yang digunakan oleh para pengusaha UMKM. Paa pengusaha harus bisa membuat konten semenarik mungkin supaya meningkatkan engagement atau perhatian audience. Tentu saja konten yang dibuat harus sesuai dengan target market usaha UMKM yang dijalankan.

Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam strategi UMKM digital adalah database. Kenapa database menjadi sangat penting dalam strategi ini? Database diperlukan untuk memaksimalkan promo. Anda perlu mengumpulkan data lalu menganalisa data tersebut untuk melihat sejauh apa perkembangan UMKM Anda di pasaran. Database ini bisa dikumpulkan melalui bantuan aplikasi.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah pembuatan iklan atau AdSense. Sama halnya ketika memasarkan produk pada umumnya, dalam strategi digital juga diperlukan iklan namun bentuknya lebih beragam. Anda bisa menggunakan jasa bantuan AdSense yang disediakan oleh Google. Dengan memasang iklan, jangkauan konsumen Anda bisa lebih luas dan mendapatkan konsumen baru di luar database yang sudah ada.

Membuat iklan untuk digital marketing juga tentunya jangan sembarangan. Untuk menyukseskan strategi UMKM ini maka iklan yang dibuat harus bisa meningkatkan kesadaran akan brand dari usaha Anda. Dengan semakin baiknya brand awareness dari audience yang melihat iklan yang Anda buat maka itu akan meningkatkan penjualan dari produk yang dimiliki oleh UMKM.

Misalnya untuk pembuatan iklan produk baru, Anda bisa membuat teaser produk layaknya teaser pada film-film di bioskop. Bedanya, pada teaser produk ini berisikan tentang informasi produk seperti harga, informasi dasar produk dan juga tanggal peluncuran. Setelah itu, disusul dengan penyusunan pembuatan timeline untuk pre-order hingga peluncuran produk secara masal.

Supaya usaha UMKM berjalan lebih lancar, tidak ada salahnya menggaet berbagai pihak lain untuk melakukan kerja sama. Pihak lain ini bisa jadi brand ambassador atau juga rekan yang memiliki visi yang sama. Kolaborasi yang tepat bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

Untuk bisa bertahan dan bisa bersaing dengan bisnis UMKM lain, jangan malas untuk menyusun strategi secara berkala. Strategi UMKM inilah yang nantinya akan menentukan keberhasilan usaha yang Anda jalankan. Gunakan secara maksimal bantuan digital yang ada karena ini sudah menjadi suatu kemudahan yang bisa dimanfaatkan dalam melebarkan sayap bisnis yang Anda miliki. Efa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here