Home Bisnis Strategi Survey Pasar yang Efisien dan Profitable untuk Startup

Strategi Survey Pasar yang Efisien dan Profitable untuk Startup

35
0

Strategi Survey Pasar yang Efisien dan Profitable untuk Startup – Survei atau riset pasar merupakan salah satu bagian penting dalam memulai suatu usaha atau bisnis. Dengan melakukan riset pasar, hampir semua kebijakan usaha akan didasarkan pada hal tersebut. Jadi, bisa dikatakan bahwa survey atau riset pasar merupakan bagian inti yang wajib Anda lakukan jika ingin mulai membangun sebuah usaha.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan jika Anda ingin melakukan survey pasar. Mulai dari pemanfaatan data yang ada di internet, yang bisa Anda lakukan tanpa modal, hingga menggunakan modal besar dengan membayar lembaga jasa lembar survey ternama, seperti yang telah dilakukan oleh beberapa korporasi besar.

Biasanya, pelaku usaha pemula atau startup memiliki modal yang minim untuk melakukan survey. Namun, search engine yang ada di era saat ini, para startup bisa menemukan berbagai jenis data dengan mudah tanpa harus mengeluarkan modal besar untuk melakukan survey pasar. Hal itu juga menjadi poin penting bagi startup untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus ditemukan.

Untuk melakukan riset atau strategi survey pasar yang efisien dan profitable, sebelumnya Anda harus mendefinisikan dengan jelas konsep usaha yang nantinya akan Anda jalankan. Untuk membuat konsep tersebut, Anda bisa memulainya dengan membuat resume dengan beberapa poin esensial seperti:

– Apa konsep / ide yang diajukan?

– Bagaimana gagasan personal terhadap konsep atau ide yang diajukan tersebut.

– Siapakah yang akan merasakan manfaat terhadap solusi yang dibuat?

– Mengapa manfaat tersebut bisa mereka rasakan?

– Bagaimana proses-proses di atas dapat menghasilkan keuntungan usaha?

Setelah Anda menemukan poin penting atau masalah dari ringkasan yang sudah Anda buat tersebut,  selanjutnya Anda bisa melakukan survey singkat dengan menggunakan search engine melalui internet. Anda bisa menemukan masalah dengan menggunakan kata kunci tersebut. Dari situ, Anda bisa tahu apa saja yang dikeluhkan oleh orang-orang.

Strategi survey pasar yang efisien dan profitable yang selanjutnya yaitu Anda harus mengidentifikasi siapa saja mereka dan mencatat apa saja keluhannya. Anda bisa juga membuat dokumentasi atas pertemuan Anda dengan mereka, lalu identifikasi apakah orang-orang tersebut berpotensi untuk menjadi pengguna solusi usaha Anda. Malah, bisa jadi mereka yang akan membayar atas solusi yang akan Anda kerjakan.

Selanjutnya, Anda perlu juga melakukan riset atau survey di dalam ruang lingkup internal bisnis atau usaha agar dapat menemukan proposisi yang tepat. Sebagai sumber acuan visi dan kultur bisnis atau usaha, Anda bisa menggunakan laporan tentang industri terkait yang bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber.

Anda juga perlu menanyakan satu per satu para pemangku kebutuhan bisnis. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui sejauh mana para stakeholder memahami tentang masalah yang ada di pasar. Ini akan membantu Anda menemukan mitra bisnis atau usaha yang tepat.

Survey terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memahami pesaing. Anda wajib tahu manfaat atau nilai lebih dari usaha yang akan Anda realisasikan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan bisnis pesaing, yang meliputi model usahanya.

Anda bisa mendapatkan informasi tersebut secara efektif dan efisien melalui internet. Penting bagi Anda untuk mengetahui hal tersebut. Sebab, suatu saat investor atau pun konsumen akan menanyakan hal tersebut, apa yang menarik dari usaha Anda dibandingkan dengan yang lainnya.

Itulah strategi survey pasar yang efisien dan profitable yang sangat cocok dan telat untuk para pemula (startup). Sudah siap memulai usaha baru?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here