Home Sport Racing Situs Marketplace Luar Negeri Amazon dan Sejarahnya

Situs Marketplace Luar Negeri Amazon dan Sejarahnya

50
0

Situs Marketplace Luar Negeri Amazon dan Sejarahnya. Anda salah satu penggemar belanja online lewat marketplace luar negeri? Jika ya, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan markeplace Amazon.com yang melegenda. Situs marketplace ini telah melayani berbagai macam barang dan berbagai pelanggan di seluruh dunia.

Amazon.com merupakan salah satu marketplace terbesar di dunia yang berdiri pada tahun 1994. Pendirinya adalah Jeff Bozes yang dulunya merupakan karyawan yang bekerja di De Shaw&Co. Dibawah ini sejarah dan perkembangan Amazon.com mulai dari 0.

  1. Awal berdiri

Amazon.com berdiri pada tahun 1994, tetapi baru mulai di publikasikan pada tahun 1995. Nama awal perusahaan ini adalah Cadabra yang rilis pada tanggal 5 juli 1994. Karena nama awal ini terdengar mengerikan dan tidak menjual, maka dirubahlah namanya menjadi Amazon.com setahun setelahnya. Nama ini dimaksudkan agar mudah dicari karena berawalan huruf A. Selain itu pendiri Amazon ini juga berharap dengan penamaan itu kelak perusahaannya akan menjadi besar seperti sungai Amazon yang terpanjang dan eksotis di Amerika.

  • Perkembangan awal perusahaan

Situs marketplace luar negeri Amazon ini berkantor di Seattle, Washington, Amerika Serikat dan dibangun dengan analisis yang mendalam. Ia memprediksi peluang yang sangat besar sekali di dunia internet yang akan terjadi di masa depan. Dan ternyata hal itu terbukti dengan berkembang pesatnya perusahaan yang dia bangun sekarang ini.

Awalnya Bozes merinci 20 barang yang akan dijual dan dipasarkannya. Namun kemudian, dia mempersempit barangnya menjadi 5 jenis karena itu yang dianggap menguntungkan. 5 produk tersebut yaitu buku, software, video, hardware dan compact disk (cd). Pada saat inilah dia mempelopori menjual buku secara online.

  • Investor awal dan perkembangannya

Awalnya banyak investor yang menanam saham di perusahaan ini, namun karena selama 4 tahun perjalanannya tidak mengalami perkembangan yang signifikan, para investor tersebut banyak yang menjual sahamnya. Bahkan, di awal abad 21 dimana banyak sekali toko online yang tutup, Amazon.com ini dapat bertahan dan kebali mengembangkan usahanya. Bahkan perusahaan ini mengklaim bahwa yang mempopulerkan toko online adalah dirinya, Amazon.com

  • Masalah yang di hadapi

Pada tahun 1998 situs marketplace luar negeri Amazon ini sempat dituntut oleh Walmart karena dianggap mencuri rahasia perdagangannya setelah mempekerjakan karyawan bekas Walmart. Namun pada akhirnya tuntutan tersebut tidak sampai ke pengadilan dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

  • Layanan yang diberikan

Adapun layanan yang diberikan oleh amazon.com ini adalah meliputi:

  • Segala penjualan barang retail

Anda bisa membeli buku, peralatan rumah tangga, elektronik bahkan sayur dan buah di situs ini.

  • Software untuk semua perangkat

Kini Amazon bisa diakses di semua perangkat dan tidak hanya bisa lewat komputer saja.

  • Konten digital

Ebook, musik dan konten digital lain juga bisa dibeli disitus ini dengan pulsa maupun via transfer.

  • Amazon game

Penggila game komputer maupun gadget bisa menemukan dan membeli game yang mereka inginkan disini.

  • Amazon art

Amazon meluncurkan pasar online seni pada tahun 2013.

Demikian artikel tentang situs marketplace luar negeri Amazon dan sejarahnya. Bagi Anda pecinta barang- barang luar negeri, pastikan Anda memilih marketplace terpercaya ya! Amazon mungkin hanya salah satunya yang bisa Anda pertimbangkan. Meskipun biasanya kendala terbesar di belanja online luar negeri adalah pengiriman, namun Anda tidak perlu terlalu khawatir ya! Pastikan saja nomor handphone Anda selalu aktif dan dapat dihubungi dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here