Home Family Activities Siapa Bakal Menjadi Pesaing Kuat Bisnis Teknologi Perangkat Lunak?

Siapa Bakal Menjadi Pesaing Kuat Bisnis Teknologi Perangkat Lunak?

36
0

Siapa Bakal Menjadi Pesaing Kuat Bisnis Teknologi Perangkat Lunak? – Dilansir dari Wikipedia, software (perangkat lunak atau peranti lunak) merupakan sebuah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan dalam bentuk digital, mencakup program komputer dan beragam informasi yang dapat ditulis dan dibaca komputer. Bisa dikatakan perangkat lunak adalah bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah tersebut merupakan kebalikan dari hardware (perangkat keras) komputer.

Pasar bisnis software (perangkat lunak) merupakan perusahaan-perusahaan yang relatif besar dan juga instansi-instansi pemerintah. Perangkat lunak ini dibutuhkan sebagai sarana untuk membantu lancarnya proses kerja perusahaan atau instansi tersebut maupun perorangan.

Kebutuhan itu dijadikan kesempatan untuk membangun usaha jasa bidang information Technology, di mana produknya adalah perangkat lunak. Harga sebuah perangkat lunak konon dapat mencapai puluhan juta rupiah tergantung kerumitan dan cakupannya. Hal itu menjadikan perangkat lunak sebagai suatu bisnis yang sangta menjanjikan.

Adapun beberapa perusahaan yang menjadi pesaing kuat bisnis teknologi perangkat lunak, yaitu sebagai berikut:

Google

Google merupakan suatu perusahaan multinasional Amerika Serikat yang khusus bergerak di bidang jasa dan produk Internet. Produk yang dihasilkan di antaranya yaitu teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar keuntungan atau profit perusahaan berasal dari AdWords.

Google menawarkan software produktivitas dalam jaringan, meliputi surat elektronik, paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Sedangkan produk lainnya mencakup aplikasi untuk penjelajahan web, edit foto, serta pesan instan.

Citrix Systems

Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi informasi. Citrix System, Inc. dibangun pada tahun 1989. Perusahaan tersebut menyediakan jaringan komputer, server dan Virtualisasi Desktop, software-as-a-service (SaaS), serta teknologi komputasi awan (cloud computing), termasuk produk open source Xen.

Hingga kini, perusahaan ini telah melayani sekitar 230,000 organisasi di seluruh dunia dan berpusat di Fort Lauderdale, Florida. Pada bulan Oktober 2007 setelah mengakuisisi Xen dari XenSource, Citrix mengelola proyek open source hypervisor

Adobe

Adobe merupakan salah satu pesaing kuat bisnis teknologi perangkat lunak. Perusahaan ini bergerak di bidang animasi, video, grafis, serta pengembangan web.

Adobe termasuk ke dalam salah satu perusahaan software terbesar di dunia. Perusahaan yang berpusat di San Jose, California, AS tersebut dibangun pada tahun 1982. Beberapa di antara produk-produk Adobe yang sangat terkenal di dunia yaitu Flash, Acrobat, dan Photoshop.

Adobe berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, baik dari sektor penjualan atau pun jumlah penggunanya. Adobe juga telah membeli perusahaan Macromedia pada tahun 2005.

Intel Corporation

Perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat ini dibangun pada tahun 1968. Intel Corporation dikenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesornya.

Perusahaan perangkat lunak ini juga membuat chipset papan induk, komponen, kartu jaringan, serta alat-alat lainnya. Intel mempunyai proyek riset yang maju pada semua aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

NetApp

Perusahaan yang sebelumnya memiliki nama Network Appliance, Inc., ini adalah sebuah perusahaan penyimpanan komputer serta manajemen data berhak paten. Netapp berpusat di Sunnyvale, California dan merupakan salah satu anggota NASDAQ-100.

Pada tahun 2011, perusahaan ini mendapat penghargaan dari Great Place to Work Institute sebagai salah satu dari “25 Best Global Companies to Work For” di urutan ketiga.

Itulah beberapa perusahaan yang menjadi pesaing kuat bisnis teknologi perangkat lunak. Nama-nama perusahaan tersebut tentu tak asing lagi di telinga Anda, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here