Home Interior Sejarah Bisnis Teh Sosro yang Paling Menginspirasi Pembisnis Milenial

Sejarah Bisnis Teh Sosro yang Paling Menginspirasi Pembisnis Milenial

42
0

Sejarah Bisnis Teh Sosro yang Paling Menginspirasi Pembisnis Milenial.  Memasuki abad 21, tidak khayal lagi sudah hadir berbagai perusahaan-perusahaan hebat berdiri bahkan bisa bertahan dari masa-masa sulit seperti saat ini. Tentunya sebagai calon pembisnis yang akan berkecimpung di dunia bisnis yang dikenal lumayan kejam dan harus memiliki mental yang kokoh agar tidak mudah rapuh apabila bisnis yang dijalani tidak berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, pembisnis harus belajar dari perusahaan besar dengan mengulik sejarah berdirinya. Contoh perusahaan besar yang sudah membumi di Indonesia, yaitu Teh Sosro.  Untuk itu yuk kita intip bersama sejarah perusahan berikut ini.

Sebagaimana diketahui bahwa Teh Sosro merupakan produk dari PT Sinar Sosro yang berdiri sekitar tahun 1974. PT Sinar Sosro salah satu perusahaan minuman teh kemasan dalam bentuk botol pertama di Nusantara bahkan di dunia. Melihat sepak terjangnnya yang menjadi pelopor minuman teh siap minum, bisnis Teh Sosro akhirnya dikenal orang dan menjadi minuman legend ketika nongkrong-nongkrong di tempat makan.

Sebenarnya,  nama sosro berasal dari nama founder-nya yaitu Sosrodjojo. Semua dimulai di sebuah kota kecil di Jawa Tengah bernama Slawi.  Awalanya, Sosrodjojo hanya memulai bisnisnya berupa jual beli the kering dengan merek Teh Cap Botol yang sudah familiar di Jawa Tengah. Seiring perkembangan binis ini akhirnya Teh Cap Botol dibawa ke Jakarta dan diperkenalkan di sana dengan cara diseduh terlebih dahulu sebelum dijual.

Hanya saja ternya pembeli tidak sabaran dalam menunggu teh diseduh. Untuk itu akhirnya muncul cara alternatif yaitu dengan tidak diseduh, tetapi teh sudah dimasukan ke dalam panci-panci besar lalu dibawa ke area pasar. Sayangnya, hal ini masih belum menuai hasil yang maksimal. Sampai akhirnya, untuk mengurangi kejadian tumbahnya teh di jalan, dipilih cara terakhir yaitu dengan cara diseduh tehnya dan dimasukan ke dalam botol kaca yang sudah dibersihkan. Pada waktu itu, bisnis Teh Sosro akhirnya dilirik dan diminati banyak orang karena kepraktisannya yang bisa diminum di mana saja dan mudah dibawa.

Sehingga pada tahun 1969 muncul gagasan mengenai bisnis berupa menjual teh siap minum atau disebut juga dengan ready drink tea yang dikemas dalam botol bersih dan melalui sterilisasi. Lalu, selanjutnya sekitar 1974 akhirnya berdiri PT Sinar Sosro.

Perlu diketahui lebih lanjut bahwa bisnis Teh Sosro dalam pengemasan botolnya terjadi tiga kali perubahan yaitu pada tahun 1970, botol versi I masih menggunakan merek Teh Cap Botol Soft Drink Sosrodjojo. Lalu, botol versi II setelah dua tahun kemudian yaitu 1972 dengan merek Teh Cap Botol , tetapi yang membedakan adalah tulisan ‘Cap’ di sini ditulis lebih kecil dan penulisan Soft Drink dihapuskan, lalu tulisan Teh Botol diberi warna merah putih yang melambangkan produk asli dari Indonesia. Terakhir, adalah tulisan Sosrodjojo akhirnya diakronim menjadi SOSRO dalam sebuah logo bulat berwarna merah.

Untuk versi botol III yang merupakan terakhir kali mengalami perubahan yaitu terjadi pada 1974 yang desainnya tentunya berbeda dari botol versi I dan II. Pada botol versi III bentuk botol baru dengan penulisan merek Teh Botol Sosro pada kemasan botolnya. Perkenalan bentuk baru ini juga sekalian dengan didirikannya pbrik PT Sinar Sosro pertama di Jakarta tepatnya di Cakung.

Setelah mengetahui sejarah bisnis teh sosro, tentunya pembisnis di masa milineal bisa belajar banyak dari sepak terjang PT Sinar Sosro di kanca pasar nusantara dan dunia. semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here