Home Bisnis Prospek Membangun Bisnis Sebagai Roastery Kopi Profesional

Prospek Membangun Bisnis Sebagai Roastery Kopi Profesional

29
0

Prospek Membangun Bisnis Sebagai Roastery Kopi Profesional. Kalau kamu memperhatikan beberapa tahun kebelakangan bertumbuh kedai-kedai kopi di sekitar lingkungan yang kamu lewati setiap pergi dan pulang dari kantor atau sekolah. Kedai-kedai itu kebanyakan bukan yang fancy atau mahal, justru malah sebaliknya.

Kalau diperhatikan lagi, justru kedainya terkesan sederhana. Yang penting ada tempat duduk, tidak harus berAC, bisa sambil menyalakan satu dua batang rokok, dan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan para pelanggannya. Apalagi untuk para pelanggan muda yang menggunakan sepeda motor. Penikmat kopi pun kemudian dimanjakan dengan berbagai varian dan kombinasi racikan kopi para barista dari kedai tersebut.

Bicara soal racikan, seorang peracik kopi baru bisa disebut barista ketika dia memenuhi beberapa syarat, loh! Jadi tidak bisa sembarangan. Beberapa diantaranya adalah dia tahu seluk beluk tentang kopi, tentu juga mau mencampurkan diantara banyak jenis dan merasakannya. Ada training khusus untuk para calon barista, itulah mengapa pada akhirnya muncul sebuah roastery kopi profesional.

Kamu mungkin belum paham kenapa sebuah roastery pada akhirnya berbeda dengan kedai kopi biasa. Mengapa juga umumnya kedai yang menamakan diri sebagai roastery ini punya kopi-kopi dengan bandrol lebih mahal? Bahkan sekarang saja, sebuah kedai kopi kenamaan internasional yang sudah anda kenal itu membuat sebuah lini khusus kedai kopinya khusus untuk biji kopi sangrai atau roasted ini.

Pengalaman Minum Kopi Berbeda

Saat ini penikmat kopi mulai berani mencoba dan cari pengalaman baru. Minum kopi kemudian menjadi gaya yang lebih mengutamakan pengalaman. Bagi para penikmatnya, rasa roastery kopi profesional A akan berbeda dengan kopi B yang hanya racikan biasa. Seakan-akan lidah mereka sudah naik level bisa menikmatinya dengan cara yang berbeda.

Hal ini tak lepas dari kemampuan para Barista pula yang cekatan dan biasanya komunikatif kepada pelanggan. Layaknya sebuah bar, umumnya kedai kopi memberikan ruang yang lapang bagi barista dan pelanggan berkomunikasi, ngobrol tentang banyak hal, termasuk soal kopi.

Jenis Kopi Asli Indonesia Beragam

Meski masih ada pro kontra apakah kopi termasuk ke dalam kategori rempah bersama kunyit, jahe, serai , dan kawan-kawannya. Tapi semua saya yakin sepakat kalau kopi pun jadi incaran para penjajah dulu saat menjajah Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara produsen kopi terbaik di dunia. Beberapa jenisnya sudah melanglang buana.

Mari kita sebutkan, setidaknya ada 5 yang saya kenal, seperti Arabica Gayo, Robusta Temanggung, Arabica Kintamani, Arabica flores, dan Arabica Java Ijen. Beda daerah maka beda rasa. Sungguh mengagumkan! Proses roastery kopi profesional pun membuat rasa mereka lebih kuat dan nikmat.

Itulah mengapa sangat dimungkinkan bagi kedai kopi sangrai ini terus bertumbuh di Indonesia. Secara bahan baku mereka bisa dapatkan dengan harga yang jauh lebih murah daripada harus mengimpor. Sedangkan dari kualitas justru akan seperti impor. Mereka bisa membeli langsung dari petani, sehingga secara tidak langsung akan bisa menyejahterakan kehidupan petani kopi Indonesia.

Bisnis Kopi Berpotensi Untung Besar

Dengan keberadaan bahan baku, tampilan kedai bisa sederhana, dan penawaran tenaga penjual pun masih cukup besar maka bisnis roastery kopi profesional adalah yang sangat mungkin.

Kebiasaan orang yang senang berkumpul, bekerja sambil minum dan nyemil, atau sekedar mencari jajanan adalah potensi bagi kopi menjadi teman pilihan. Ditambah dengan kemajuan dunia digital yang memungkinkan promosi kopi yang tidak lagi diminum di tempat dengan cangkir, tapi bisa juga dengan kemasan yang dibawa pergi.

Semoga dengan pemaparan ini, kamu sebagai calon pengusaha roastery kopi profesional tidak lagi ragu membangun bisnis yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here