Home Bisnis Prospek Membangun Bisnis Perkebunan Kopi Arabika

Prospek Membangun Bisnis Perkebunan Kopi Arabika

27
0

Prospek Membangun Bisnis Perkebunan Kopi Arabika. Kopi arabika atau Coffea arabica berasal dari sebuah hutan yang ada dipegunungan di Etiopia, Afrika. Di habitat asalnya, maka tanaman ini tumbuh dibawah kanopi hutan tropis yang sangat rimbun.

Dengan curah hujan berkisar sekitar 1200-2000 mm per tahun. Suhu lingkungan yang paling cocok untuk tanaman ini berkisar sekitar 15-24 derajat Celcius. Kopi arabika ini menyukai tanah yang kaya dengan kandungan bahan organik yang tinggi.

Apabila Anda mulai merasa tertarik dengan adanya peluang atau prospek membangun bisnis perkebunan kopi arabika ini maka dengan itu Anda juga mulai harus bisa untuk mengenal lebih jauh dan lebih lengkap dengan berbagai jenis kopi ini.  Warna daun jenis kopi arabikaini hijau mengkilap seperti halnya memiliki lapisan lilin. Daun yang telah tua akan berwarna hijau gelap. Bentuk daun dari kopi ini memanjang atau lonjong dengan ujung daun yang meruncing. Struktur tulang daunnya berbentuk menyirip.

Kopi arabika ini mulai berbunga setelah pada musim hujan. Bunga dari kopi ini tumbuh pada ketiak daun. Bunga kopi ini berwarna putih dan bisa untuk melakukan penyerbukan sendiri, tidak ada perbedaan antara bunga jantan dan betina. Dari bentuk kuncup sampai menjadi buah yang siap panen itu membutuhkan waktu sekitar 8-11 bulan.

Buah kopi ini bulat seperti telur, dengan warna buah hijau selanjutnya nanti berubah menjadi merah terang saat matang. Apabila buah telah matang maka cenderung akan mudah rontok. Oleh karena itulah harus dipanen dengan segera. Buah yang rontok ke tanah tersebut akan mengalami penurunan mutu dan cenderung bau tanah.

Berikut ada beberapa alasan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis perkebunan kopi arabika, yaitu :

Jadikan Perkebunan Kopi Arabika Ini Sebagai Sebuah Aset Bisnis yang Sangat Menguntungkan

Keberadaan roda bisnis dari kopi arabika ini pasti akan terus berputar karena mengingat kalau  permintaan pasar yang terusmeningkat.  Bahkan juga terbilang sangat besar maka hal tersebut bisa di ambil garis besar kalau untuk bisnis ini pasti akan terus tumbuh. Dari sinilah Anda sebagai pemilik bisnis perkebunan ini akan mempunyai aset bisnis yang sangat menguntungkan.

Perkebunan Kopi Arabika Sangat Mudah dalam Hal Pengelolaannya

Disamping bisa dijadikan sebagai sebuah aset bisnis, maka mengelola perkebunan kopi ini sangatlah mudah. Serta juga tidak diperlukan banyak dana untuk bisa menghasilkan sebuah biji kopi yang sangat berkualitas. Dana yang Anda keluarkan akan terbilang pasti tidak terlalu besar untuk bisa membeli bibit kopi. Membeli mesin pengolahan serta berbagai keperluan yang memang telah direncanakan dengan sangat baik. 

Minat Masyarakat Terhadap Kopi Tetap Tinggi

Jika perkebunan kopi arabika yang telah Anda kelola sudah cukup maju dan juga dikenal oleh masyarakat luas. Maka tentu saja nantinya akan banyak sekali berbagai orang yang akan tertarik serta juga memesan olahan dan juga biji kopi dari perkebunan milik Anda. Sebab, para konsumen kopi yang ada di seluruh dunia ini tidak akan pernah habis bahkan justru akan semakin bertambah. Oleh sebab itulah Anda memang harus senantiasa bisa memenuhi berbagai kebutuhan pasar yang memang akan memberikan banyak sekali keuntungan yang sebesar-besarnya dari usaha kopi ini.

Inilah seputar kopi arabikadan berbagai prospek membangun bisnis perkebunan kopi arabika yang sangat mendunia. Anda ingin bergelut dalam bisnis kopi maka tidak ada salahnya untuk lebih mengetahui lagi tentang berbagai jenis kopi yang ada. Hal ini dilakukan supaya bisnis Anda bisa sukses dan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here