Home Uncategorized Prospek Membangun Bisnis Jasa Pemrograman dan Pengembang Website

Prospek Membangun Bisnis Jasa Pemrograman dan Pengembang Website

31
0

Prospek Membangun Bisnis Jasa Pemrograman dan Pengembang Website – Saat ini, kebutuhan masyarakat akan situs internet atau  website terus mengalami peningkatan. Begitu banyak permintaan dari berbagai penjuru, termasuk dari para pelaku usaha yang hendak mempromosikan produknya melalui jejaring internet. Kondisi tersebut membuat usaha pembuatan situs semakin menjanjikan.

Berbagai instansi, mulai dari instansi sekolah, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, hingga perusahaan yang memiliki skala besar atau pun kecil kini telah memiliki website sendiri. Tak hanya itu, individu pun kini juga tak ingin ketinggalan untuk mempunyai rumah sendiri di dunia maya mereka. Oleh sebab itu, jasa dalam pembuatan website kini memiliki prospek yang tinggi.

Penyedia jasa ini umumnya menawarkan sejumlah layanan menarik yang berbeda. Seperti pembuatan website dinamis dan website statis, desain website, toko online, pembuatan blog, dan minisite. Pasar yang terbuka lebar membuat bisnis jasa pemrograman dan pengembang website sangat menjanjikan dan memiliki prospek yang baik. Hal itu membuat para web developer menjamur.

Para penyedia jasa tersebut berlomba untuk menawarkan berbagai layanan yang komplit, meliputi proses perancangan web (web design), serta pengelolaan website di tahap awal. Meskipun demikian, para pelaku bisnis pengembangan dan pemrograman website tersebut mengaku tidak sulit untuk mendapatkan klien. Sebab, individu atau pun instansi yang mengikuti perkembangan teknologi dan internet jumlahnya juga semakin besar.

Jika Anda ingin masuk ke dalam bisnis ini, alangkah baiknya jika Anda menyimak terlebih dahulu kiat dari para pelaku bisnis tersebut. Adapun hal-hal utama yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini yaitu:

Memilih Pasar

Segmen pasar yang dapat ditarget oleh penyedia jasa pengembangan dan pemrograman website ini pada dasarnya sangat luas dan hampir tidak ada batas. Segmen pasar usaha meliputi individu, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan juga perusahaan berskala besar.

Bahkan, karena terlalu luasnya potensi pasar yang ada atau tersedia untuk bisnis jasa pemrograman dan pengembang website, pelaku usaha ini tak hanya membidik pasar nasional saja, tetapi juga melayani pasar asing.

Jenis Jasa

Untuk menentukan keberlangsungan bisnis ini dibutuhkan kelengkapan dalam pelayanan layanan jasa tersebut. Konsumen tentunya akan lebih tertarik dengan layanan yang lengkap. Dengan begitu, walaupun jasa yang ditonjolkan adalah untuk layanan pembuatan website, tetapi Anda juga dapat menawarkan jasa lainnya, seperti pembuatan toko online, desain web animasi, desain banner, dan internet marketing.

Perlengkapan dan Tenaga Ahli

Dalam bisnis jasa pemrograman dan pengembang website ini tidak dibutuhkan peralatan kerja yang banyak. Anda hanya cukup memiliki sejumlah laptop (komputer jinjing) atau pun desktop (komputer meja), dan juga koneksi internet. Tidak perlu komputer berspesifikasi khusus, tetapi jika komputer Anda bisa bekerja dengan cepat tentu akan semakin bagus. Di samping koneksi internet, ada beberapa software yang juga harus Anda persiapkan.

Untuk sumber daya manusia, dalam bisnis ini developer tidak membutuhkan banyak karyawan. Namun, harus ada tenaga ahli, tenaga pemasaran, serta staf administrasi . Anda cukup mempekerjakan dua orang ahli TI saja. Sedangkan untuk staf pemasaran dan administrasi,  mereka tak harus mempunyai skill khusus TI.

Tarif dan Strategi Pemasaran

Untuk menentukan tarif layanan pemrograman website pada dasarnya, bergantung atas tingkat kerumitan pemrograman website itu sendiri. Jika pemrograman website semakin rumit desain website dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya, tentu tarif yang diberikan akan semakin mahal.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis jasa pemrograman dan pengembang website, perhatikan hal di atas meskipun prospek bisnis ini sangat menjanjikan. Jangan sampai Anda asal melangkah dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here