Home Bisnis Prospek Membangun Bisnis Iklan Online Menggunakan Platform WordPress dan Blogspot

Prospek Membangun Bisnis Iklan Online Menggunakan Platform WordPress dan Blogspot

21
0

Prospek Membangun Bisnis Iklan Online Menggunakan Platform WordPress dan Blogspot. Pada masa kini, Anda bisa memulai untuk membangun bisnis dari mana saja. Oleh karena kemajuan zaman, Anda bisa memilih salah satu dari berbagai bisnis yang tersedia yang bisa dijangkau dengan mudah. Apalagi, jika Anda ingin memulai bisnis secara online yang sudah banyak dijalankan oleh orang-orang di sekitar Anda.

Bisnis bukan saja hanya dijalankan dengan menjual suatu produk. Di era serba digital saat ini, bisnis iklan online menjadi salah satu contoh bisnis yang menggiurkan setiap orang terutama penulis blog atau blogger. Secara sederhana, cara berbisnis iklan online ini sangat mudah.

Blogger yang aktif menulis selama tiga atau enam bulan akan dengan mudah mengajukan permohonan kerjasama dengan perusahaan tertentu untuk menayangkan iklan produk atau jasa mereka di halaman blog Anda, baik itu WordPress atau Blogspot. Dua blog ini dapat diakses dan digunakan secara gratis tanpa tambahan biaya apapun selain kuota internet yang Anda punya.

Setiap orang yang menjalankan bisnis ini bisa disebut sebagai publisher iklan. Cara Anda bekerja adalah dengan memasang iklan orang lain atau perusahaan lain pada blog Anda. Jika pengunjung blog Anda melihat kemudian mengklik iklan tersebut, maka secara tidak langsung Anda sedang mengumpulkan pundi-pundi uang yang mungkin terlihat sedikit di awal tetapi jumlahnya akan semakin meningkat di kemudian hari.

Agen iklan atau publisher iklan pada umumnya akan mendapatkan sistem pengiklanan dan besar pendapatan yang tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Anda akan dihadapkan dengan kontrak perjanjian yang berisi tentang hal-hal yang terkait dengan iklan tersebut.

Salah satu agen iklan yang sudah sangat familiar di kalangan blogger adalah Google Adsense. Program Google ini sudah memiliki puluhan ribu publisher iklan yang bergabung bersama agen iklan di sana.

Jika Anda tertarik menjalankan bisnis iklan online, berikut gambaran mengenai cara kerja seorang publisher iklan.

  • Website atau Blog Perusahaan

Banyak perusahaan yang memiliki website atau blog resmi yang menampilkan produk-produk mereka. Namun, untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas dan website atau blog mereka ramai dikunjungi, mereka menjalin kerja sama kepada agen iklan.

  • Agen Iklan

Produsen atau perusahaan suatu produk kemudian menggunakan jasa para agen iklan untuk membantu dalam menyebarkan produk-produk mereka. Agen iklan akan mendapat komisi sesuai dengan angka yang disepakati dalam perjanjian.

  • Publisher Iklan

Sebagai pebisnis pemula, Anda bisa mulai dengan menjadi publisher bisnis  iklan online yang bekerja sama dengan agen iklan untuk turut menyebarkan iklan produk tertentu. Anda cukup memasang iklan tersebut pada blog Anda, baik itu WordPress atau Blogspot.

  • Pengunjung Blog

Jika iklan yang dipajang pada blog Anda dilihat dan diklik pengunjung blog Anda, maka mereka akan masuk ke situs perusahaan sehingga pemasaran produk menjadi semakin meningkat cepat.

Dengan adanya bisnis iklan seperti ini, semua pihak akan diuntungkan. Pemilik perusahaan menjadi terbantu karena iklan produknya terpasarkan secara luas. Agen mendapatkan tambahan penghasilan dari perusahaan. Sementara itu, publisher iklan mendapat komisi dari agen iklan yang menjalin kerja sama dengan mereka. Konsumen pun mendapatkan produk yang mereka inginkan atau butuhkan.

Nah, jika Anda ingin mulai berbisnis, Anda bisa mencoba menjadi publisher bisnis iklan online terlebih dahulu. Anda cukup membuat blog gratis seperti di WordPress atau Blogspot. Setelah itu mulailah membuat tulisan yang bermanfaat seperti how to atau listicle dengan judul menarik dan banyak dicari orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here