Home Family Activities Potensi Bisnis Ritail 212 Mart Besutan Alumni 212

Potensi Bisnis Ritail 212 Mart Besutan Alumni 212

61
0

Potensi Bisnis Ritail 212 Mart Besutan Alumni 212 – Anda mungkin masih ingat dengan aksi damai yang dilakukan jutaan umat Muslim di ibukota Jakarta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Dari aksi tersebut, lahirlah sebuah gagasan untuk tetap menyatukan semangat umat Muslim dengan membentuk suatu usaha retail.

Selain untuk tetap mempertahankan semangat ukhuwah, usaha retail tersebut dibuat juga dengan tujuan agar dapat menyejahterakan dan membantu perekonomian umat Islam di tengah bisnis asing yang merajalela di negeri ini. Hingga terbentuklah sebuah usaha retail yang dinamakan 212 Mart.

212 Mart dibentuk berdasarkan inisiatif para alumni 212, dan berbadan hukum koperasi syariah. Seperti namanya, usaha retail ini mengusung konsep Islam agar dapat menggerakkan ekonomi secara Islami juga.

Bisnis retail 212 Mart memiliki potensi yang cukup besar di dunia usaha. Sebab, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah usaha ini dibentuk bukan untuk keuntungan atau kepentingan pribadi. Melainkan dibentuk atas dasar kebersamaan dan dengan tujuan membangun perekonomian umat Islam.

Dengan begitu, diyakini masyarakat akan beralih dari usaha retail milik asing kepada usaha retail milik umat. Selain faktor di atas, ada beberapa hal yang membuat 212 Mart tetap berpotensi menjadi usaha yang terus maju dan bertahan di dunia industri retail.

Dibangun atas Dasar Kebersamaan Umat Islam

Seperti yang kita ketahui, 212 Mart ini dibentuk oleh para alumninyang tergantung dalam aksi damai 212. Dengan semangat dan keinginan untuk membangkitkan perekonomian umat Islam, mereka yang tergolong mampu mau mengeluarkan dana untuk turut andil dalam pembentukan usaha ini.

Dengan semangat kebersamaan itu, diharapkan seluruh umat Muslim di Indonesia akan berbelanja di 212 Mart sebagai bentuk solidaritas.

Menjual Produk Halal

Dengan sistem Islam yang diusung, 212 Mart tentulah menjual barang-barang atau produk yang dijamin kehalalannya. Mulai dari produk makanan seperti roti, produk kecantikan, dan lainnya. Dengan begitu, umat Islam lebih tertarik dan tak perlu ragu belanja di 212 Mart.

Karena konsepnya produk halal, maka di bisnis retail 212 Mart tidak diperkenankan menjual rokok atau pun minuman keras. Sebab, rokok telah dinyatakan sebagai produk yang haram dikonsumsi umat Muslim oleh MUI.

Siapa Saja Bisa Menanamkan Modal di Sana

Salah satu keunikan lain dari 212 Mart ini adalah kepemilikannya yang bukan dimiliki oleg satu atau dua orang saja. Bukan dibangun untuk kepentingan pribadi. Namun, dibangun dari umat dan untuk umat. Siapa saja umat Islam bisa, bahkan diharap bisa turut andil membantu modal usaha ini.

Meski bertujuan untuk kemaslahatan umat, tetapi tentu saja setiap pemodal akan mendapatkan keuntungan dari hasil laba setiap tahunnya. Semakin banyak orang yang menanam modal di 212 Mart, maka semakin besar pula potensi berkembangnya bisnis ini.

Pembeli Tak Hanya Anggota

Potensi pertama yang dimiliki oleh 212 Mart tentu saja para konsumennya. Pembeli dari usaha ini tak hanya anggota yang berjumlah puluhan hingga ratusan orang, tetapi juga masyarakat layaknya bisnis-bisnis retail lainnya.

Konsep unik dengan solidaritas dan kebaikan umat akan menjadi daya tarik tersendiri bagi umat Muslim sehingga mereka akan berbondong-bondong belanja di 212 Mar.

Meski usaha sejenis telah menjamur dan lebih dulu berdiri, tetapi bisnis retail 212 Mart terus berkembang. Bahkan, ketika ekonomi sedang lesu seperti saat ini, 212 Mart masih mampu ‘berdiri’ seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here