Home Racing Market Place Shopee dan Sejarah Berdirinya

Market Place Shopee dan Sejarah Berdirinya

34
0

Market Place Shopee dan Sejarah Berdirinya. Bisnis e-commerce bagi sebagian orang memiliki peluang yang cukup besar dan dianggap sebagai lahan emas yang sangat menghasilkan. Hal ini disebabkan oleh pengguna internet yang semakin hari jumlahnya semakin meningkat tajam.

Salah satu bisnis e-commerce yang sangat menggiurkan yaitu market place. Market place sendiri diartikan sebagai tempat transaksi antara penjual dan pembeli layaknya pasar tradisional atau sejenis, tetapi dilakukan secara online. Anda sebagai penjual bisa membuat toko online di market place pilihan Anda kemudian mulai memposting gambar dagangan Anda dengan tampilan dan caption yang menarik pembeli.

Bagi Anda yang ingin membeli sesuatu, Anda bisa menggunakan layanan aplikasi salah satu market place lalu mulai berselancar untuk mencari produk yang Anda inginkan. Transaksinya yang cenderung mudah dan hemat waktu membuat market place semakin hari semakin digemari masyarakat dunia, terutama Indonesia.

Shopee merupakan salah satu market place yang sudah ada di Indonesia sejak lima tahun yang lalu. Di banding market place lain, market place Shopee terbilang paling muda tetapi sudah mampu bersaing dengan pendahulunya. Hal tersebut tidak lepas dari berbagai cara promosi  yang mengasyikkan dan juga keunggulan-keunggulan lain yang akan dibahas dalam artikel ini selanjutnya.

Sejarah Berdirinya Shopee

Shopee merupakan perusahaan e-commerce yang mulai meramaikan pasar online Indonesia sejak Mei 2015 dan mulai beroperasi pada Juni 2015. Awalnya, Shopee adalah anak perusahaan dari Garena yang berkantor pusat di Singapura. Seiring meningkatnya pengguna gadget, PT Shopee International kemudian mulai membuka peluang baru di negara kawasan Asia Tenggara lain seperti Vietnam, Malaysia, Filiphina, dan Thailand.

Menurut Chris Feng selaku CEO Shopee, sejak launching perdana, aplikasi ini sangat mudah diterima oleh penduduk Asia Tenggara disebabkan karena kegemaran mereka dalam bermedia sosial. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang akhirnya memanfaatkan media sosial sebagai sarana transaksi jual beli.

Shopee tidak hanya memudahkan para pembeli, tetapi juga setiap penjual yang memasarkan dagangannya di sana. Proses pembayaran yang relatif aman dan koordinasi logistik yang terintegrasi membuat penjual dan pembeli pun yakin untuk melakukan transaksi menggunakan market place Shopee ini.

Ada 26 kategori produk yang bisa Anda jual maupun beli di shopee, diantaranya pakaian pria dan wanita, handphone dan aksesoris, kecantikan, komputer dan aksesoris, perlengkapan rumah tangga, dan lain-lain. Jika Anda ingin membeli satu produk dengan cepat, cukup tulis nama produk di kolom search yang disediakan. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan yang mungkin sesuai dengan keinginan Anda.

Keunggulan Shopee

Meningkatnya pengguna aplikasi Shopee merupakan hasil dari keungulan-keunggulan yang ditawarkan, yaitu sebagai berikut:

  • Anda bisa menjual barang dalam waktu yang sangat singkat yaitu 30 detik saja.
  • Anda bisa memposting foto produk yang Anda jual sebanyak 9 gambar sehingga calon pembeli dapat melihat secara detail gambar produk yang Anda tawarkan.
  • Tersedianya fitur informasi mengenai pemberitahuan pembayaran sampai penyelesaian transaksi yaitu konfirmasi dari pembeli jika barang sudah diterima.
  • Ada fitur Live Chat yang bisa digunakan pembeli untuk bertanya terkait produk yang ingin dibeli kepada penjual.
  • Terdapat fitur tawaran yang bisa digunakan pembeli untuk menawar harga yang sudah tertera di toko online tersebut.

Ada banyak keunggulan lain yang dimiliki Shopee, tetapi yang paling menonjol adalah adanya gratis ongkir atau ongkos kirim dan voucher ongkir yaitu subsidi ongkir yang diberikan. Anda bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi market place Shopee dan merasakan manfaat yang ditawarkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here