Jumlah Minimal Yang Ideal Untuk Membangun Startup

Jumlah Minimal Yang Ideal Untuk Membangun Startup

Jumlah Minimal Yang Ideal Untuk Membangun Startup

 

Jumlah Minimal Yang Ideal Untuk Membangun Startup! Beberapa tahun belakangan ini, istilah Startup menjadi salah satu istilah yang cukup populer dan banyak didengungkan oleh berbagai kalangan. Startup mulai banyak beredar seiring dengan perkembangan industri dan teknologi digital yang tak lagi terbendung. Secara sederhana, startup dapat dimaknai sebagai sebuah perusahaan rintisan yang masih terus dalam tahap pengembangan.

Ada banyak sekali jenis startup di luar sana. Mulai dari yang masih dalam skala ‘kecil’ hingga skala besar yang dikenal dengan istilah unicorn. Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, traveloka, dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh start up yang sudah cukup besar dan dikenal.

Jumlah Anggota Tim Yang Ideal Untuk Membangun Sebuah Startup

Seiring dengan perkembangan industri dan teknologi yang cukup signifikan membuat banyak orang yang mulai berlomba-lomba untuk mencoba mengembangkan bisnis berbasis startup. Apakah Anda juga tertarik untuk Membangun Startup?

Pada dasarnya tidak ada jumlah anggota minimal yang pasti untuk Membangun Startup terutama di awal-awal pengembangannya. Hal ini dikarenakan untuk perusahaan start up yang baru dalam tahap pengembangan, belum terlalu membutuhkan struktur organisasi yang kompleks.

Beberapa pakar menyebutkan bahwa 2-4 orang anggota tim sudah bisa dikatakan mencukupi untuk bisa mengembangan startup. Bahkan jika Anda hanya memiliki 2 anggota tim saja sebenarnya sudah bisa untuk mengembangkan perusahaan startup.

Jumlah co-founder yang terlalu banyak justru bisa membuat startup menjadi terkesan ‘gemuk’ dan kurang efisien. Struktur awal yang terlalu ‘gemuk’ bisa menjadi pemicu lambannya pengembangan dan perjalanan Anda dalam Membangun Startup.

Ada beberapa hal penting yang sebaiknya dipertimbangkan dalam upaya untuk mengembangkan sebuah startup, diantaranya adalah:

Tim Kecil Namun Efektif Dan Proporsional

Di awal Membangun Startup, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih ‘kawan’ yang akan Anda jadikan sebagai co-founder. Sebaiknya memilih rekan-rekan yang satu visi dan misi serta sudah Anda kenal dengan cukup baik latar belakang dan juga kemampuannya.

Memilih tim kecil dengan jumlah antara 2 atau 3 orang adalah pilihan yang pas di fase awal pendirian sebuah startup. Tentu masing-masing anggota haruslah memiliki role tanggung-jawab yang jelas sehingga kinerja tim menjadi efisien. Tim yang bisa bekerja dengan efektif dan efisien adalah modal yang sangat bagus di fase awal pendirian sebuah startup.

Pilihlah Anggota Tim Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Fase awal pendirian sebuah startup menjadi salah satu fase yang cukup krusial dan penting. Oleh karenanya memilih anggota yang pas sesuai dengan kebutuhan untuk Membangun Startup adalah langkah yang sangat penting pada tahapan ini.

Di masa-masa awal pengembangannya, biasanya sebuah startup akan hanya terfokus pada 2 peran saja yakni memikirkan jenis produk seperti apa yang akan dikembangkan dan juga bagaimana cara untuk membuatnya. Berangkat dari hal ini, maka memiliki 2 anggota tim saja sebenarnya sudah mencukupi untuk membangun sebuah tahapan awal startup.

Satu orang berperan sebagai CEO yang bertugas untuk memikirkan jenis produk yang akan dikembangkan serta mekanisme operasi dan target pemasarannya. Sedangkan satu orang co-founder lainnya berperan sebagai seorang CTO yang bertanggung-jawab untuk memikirkan cara pengembangan dan pembuatan produk tersebut.

Jika seiring dengan bertambahnya waktu perusahaan yang Anda kelola tersebut sudah semakin berkembang dan peran bagi seorang CEO sudah dirasa melebihi kapasitasnya, maka bisa menambahkan pos-pos baru sesuai dengan kebutuhan seperti Vice-President ataupun juga Project Manager sehingga perusahaan Anda akan tetap bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Demikianlah jumlah ideal dalam upaya untuk membangun startup. Tidak ada jumlah anggota tim yang pasti untuk mengembangkan sebuah startup. Namun dikarenakan selama tahap awal ini belum terlalu banyak permasalahan yang kompleks, maka 2-4 orang dalam sebuah tim adalah anggota yang dikatakan sudah mencukupi untuk mendirikan sebuah startup.