Game Online Dari Hobi Jadi Profesi

Game Online Dari Hobi Jadi Profesi

Game Online Dari Hobi Jadi Profesi

 

Game Online Dari Hobi Jadi Profesi mungkinkah? Jika disebut permainan online konotasinya selalu negatif, suatu kegiatan yang hanya membuang waktu dan biaya. Banyak orang merasa tidak nyaman jika anak maupun anggota keluarga biasa bermain permainan video, baik secara online maupun offline. Apalagi kini banyak diberitakan kerusakan otak karena kecanduan permainan online. Sebegitu burukkah?

Teknologi permainan online yang belum lama dikenal masyarakat sesungguhnya mampu menciptakan lowongan kerja baru. Tetapi sayangnya belum banyak yang mengenal lapangan pekerjaan ini, malah menjadi sesuatu yang aneh jika disebut pekerjaan di bidang permainan online. Untuk menambah wawasan kamu, berikut beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan melalui permainan online.

1. Joki

Mendengar namanya terkesan sebagai sebuah pekerjaan yang buruk, melanggar aturan yang berlaku. Padahal untuk bisa menjadi joki sebuah permainan online dituntut memiliki keahlian khusus. Selain itu anda juga harus  memainkannya dalam waktu yang lama.

Seorang joki  memiliki tugas untuk membuat sebuah tokoh mencapai tingkat tertentu. Bisa juga tokoh yang dimainkan harus mendapatkan item tertentu. Hal ini jelas tidak mudah, perlu latihan yang lama dan tentunya menghabiskan banyak waktu.

Meskipun bayarannya tidak sepantastis yang digambarkan, tetapi bisa bermain game berlama-lama, dengan tokoh yang disukai lalu dibayar. Tentu memberikan kepuasaan tersendiri. Hobi yang dibayar kenapa tidak, sebuah pekerjaan yang menyenangkan.

2. Tester

Sebuah permainan video sebelum ditawarkan kepada masyarakat luas, harus dilakukan uji coba terlebih dahulu. Tasterlah yang melakukan uji coba tersebut. Kadang membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan untuk membuat sebuah permainan yang bagus.

Sama seperti joki, untuk menjadi seorang taster anda dituntut memiliki kemampuan bermain permainan online yang baik. Seorang tester dapat merasakan pengalaman bermain sebelum orang lain, tetapi ia juga harus bersedia mengulang-ulang permainan jika dirasakan masih ada yang tidak sempurna.

3. Gamer Profesional

Ini profesi yang menjanjikan bayaran tinggi. Untuk bisa sampai ketahap ini anda harus berlatih serius dan memakan waktu yang panjang. Kemampuan anda akan dibuktikan dalam sebuah kompetisi permainan online. Tidak semua orang bisa sampai ketahap ini.

Jika berhasil menjadi gamer profesional dan memenangkan kejuaraan anda akan mendapatkan bayaran yang fantastis. Seperti turnamen Dota 2 yang diadakan pada tahun 2015 memberikan total hadiah $18.190.651. Pemenang utama mendapatkan $6.548.634 sebuah angka yang "wah". Hadiah ini tentu saja untuk tim, jadi harus dibagikan bersama. Tetap saja jumlahnya cukup besar.

4. Streamer

Pekerjaan yang satu ini mungkin mirip dengan blogger. Hanya saja seorang streamer merekam video sambil bermain game.  Dalam video itu streamer harus membahas permainan yang sedang dimainkan. Tentu saja kata-kata yang jelas dengan komentar lucu, bisa membuat penonton video streamer betah.

Untuk menjadi seorang streamer bukan hanya kemampuan bermain permainan online yang dibutuhkan, tetapi juga penggunaan tentang banyak permainan. Selain itu kamu harus bisa menghasilkan video dengan gambar dan suara yang jelas.

Menghasilkan video yang baik, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula, untuk membeli peralatan shooting, editing dan mixer suara. Koneksi internet yang cepat sangat penting agar video kamu cepat tersebar.

Tetapi jika video kamu berhasil ditonton ribuan orang, kamu akan mendapatkan bayaran yang lumayan. Baik dari developer game, serta Iklan-iklan lainnya. Sekali lagi  semua itu perlu latihan yang serius.

Semua profesi membutuhkan keahlian khusus. Kamu bisa mempelajarinya melalui kursus yang banyak ditawarkan baik online maupun offline. Untuk mendapatkan informasinya kamu harus bergabung dengan komunitas penggemar permainan online.

Bermain permainan online ternyata tidak buruk jika dilakukan sesuai waktunya. Bahkan bisa mengasah kemampuan berpikir dan bertindak. Bahkan bisa menjadi pilihan profesi untuk kamu yang mencintai game.