Home Bisnis Cara Membuat Studi Kelayakan Bisnis Coffee Shop

Cara Membuat Studi Kelayakan Bisnis Coffee Shop

36
0

Cara Membuat Studi Kelayakan Bisnis Coffee Shop – Seiring berkembangnya perekonomian di berbagai daerah di Indonesia, maka semakin pesat pula perkembangan usaha dan perkantoran di berbagai daerah tersebut. Kondisi tersebut menciptakan peluang usaha coffee shop atau kedai kopi terbuka lebar. Tentunya juga didukung dengan meningkatnya ekonomi masyarakat.

Perkembangan gaya hidup dan kebiasaan masyarakat untuk berkumpul dan bercengkerama sambil minum kopi mendorong terbikanya peluang bisnis ini. Para pekerja, anak muda dan kalangan lainnya tentu membutuhkan ruang agar dapat berkumpul dan berintekrasi. Kedai kopi merupakan salah satu yang menarik untuk dijadikan sarana.

Untuk membangun bisnis kedai kopi, tentu Anda harus melakukan studi kelayakan terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar bisnis Anda berjalan lancar. Ada pun cara yang harus Anda lakukan untuk membuat studi kelayakan usaha kedai kopi adalah sebagai berikut:

Buatlah Gambaran Umum Potensi Bisnis

Studi kelayakan bisnis coffee shop yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuat gambaran umum potensi usaha tersebut. Di zaman modern seperti saat ini, kebiasaan “ngopi” tak bukan cuma untuk kebutuhan kebutuhan semata, tetapi juga sudah menjadi gaya hidup bagi sejumlah orang. Maka, tak heran jika fenomena itu dimanfaatkan untuk menciptakan peluang usaha yang mampu mendatangkan keuntungan besar.

Buatlah Gambaran Umum Industri

Ada beragam strata industri kopi di dalam negeri, mulai dari unit bisnis berskala industri rumahan hingga industri multinasional. Produk kopi yang produksi juga bukan hanya untuk kebutuhan konsumsi dalam negeri saja, tetapi juga mengisi pasar internasional.

Kondisi demikian menunjukkan bahwa industri kopi di dalam negeri termasuk pasar menarik bagi para pelaku usaha. Bisnis kedai kopi juga bisa menciptakan peluang dan prospek. Di bidang industri kopi, hal itu juga menunjukkan adanya kondisi kondusif dalam investasi.

Tentukan Maksud dan Tujuan

Dari dua ulasan diatas, dalam studi kelayakan bisnis Coffee Shop, Anda harus menentukan maksud dan tujuan membuka kedai kopi tersebut. Misalnya, memberikan kopi terbaik dan diterima oleh berbagai kalangan.

Setelah Anda menetapkan tiga hal di atas, saatnya Anda menentukan program pemasaran untuk mempromosikan bisnis kedai kopi Anda. Ada beberapa strategi yang harus Anda tentukan dalam program pemasaran, seperti di bawah ini:

Strategi Pemilihan Tempat Usaha

Pilihlah lokasi yang meskipun tidak terletak di pusat kota dan bisnis, tetapi memiliki suasana yang tenang. Anda juga bisa memilih lokasi yang dekat dengan pusat pemerintahan. Sebab, tak sedikit pegawai pemerintahan yang sering mengadakan pertemuan atau sekadar ‘ngobrol’ di kedai kopi.

Strategi Product

Buatlah atau sediakan varian kopi yang paling diminati oleh masyarakat atau calon konsumen potensial di sana. Selain itu, sediakan juga berbagai jenis kopi dengan berbagai teknik penyajian agar pembeli dapat mencoba kopi lain dan bisa menikmati cara penyajian di kedai kopi Anda. 

Strategi Harga

Dalam membuat studi kelayakan bisnis coffee shop, jangan lupakan soal harga. Lakukan survei pasar terhadap usaha sejenis agar Anda bisa menentukan harga yang tepat dan sesuai. Tidak terlalu rendah dan tidak juga terlalu tinggi dari harga pasaran.

Strategi Promosi

Agar usaha kedai kopi Anda berkembanga dengan pesat, lakukan strategi promosi seperti:

– Membuat selebaran untuk dibagikan ke kampus, sekolah, kantor-kantor, komunitas, dan lainnya.

– Lakukan promosi di jejaring internet seperti sosial atau lainnya.

– Buatlah acara rutin setiap minggunya untuk menarik minat konsumen, misalnya live music.

– Lakukan promosi dengan cara memberikan penawaran khusus/menarik untuk komunitas-komunitas tertentu yang memiliki banyak member di area tersebut.

– Undang pihak TV nasional untuk meliput acara di kedai kopi Anda.

Itulah cara yang harus Anda lakukan dalam membuat studi kelayakan bisnis coffee shop. Usaha ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin membuka usaha. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here