Home Bisnis Strategi Bisnis ala Margigu Wowiek dalam Menghadapi Kompetisi Bisnis

Strategi Bisnis ala Margigu Wowiek dalam Menghadapi Kompetisi Bisnis

20
0

Strategi Bisnis ala Margigu Wowiek dalam Menghadapi Kompetisi Bisnis – Kompetisi bisnis di era modern ini jauh lebih ketat dari kompetisi bisnis yang dialami nenek moyang kita. Sering sekali kita melihat banyak toko atau kedai yang berjejer di jalanan dengan begitu banyaknya, tidak lain toko atau kedai tersebut adalah milik orang berbeda padahal jualannya sama. Inilah kompetisi bisnis yang mungkin Anda alami di situasi seperti sekarang.

Faktanya, mayoritas kita tidak mengetahui strategi untuk mengatasi masalah bisnis ini. Strategi bisnis ala Mardigu Wowiek mungkin bisa Anda coba untuk meningkatkan pregsifitas bisnis Anda ke depan. Apa saja strategi-strategi bisnisnya?

Jangan sekali-kali menurunkan harga! Tidak jarang kita temui pebisnis yang berkompetisi bisnis malah menurunkan harga untuk menyaingi kedai atau toko sebelah. Memang sangat menggiurkan dan paling disukai pelanggan. Sayangnya, ramainya pelanggan berkunjung tidak akan bertahan lama, bahkan pelanggan hanya datang sekali atau dua kali saja.

Mengapa demikian? Menurut Mardigu Wowiek, menurunkan harga sebuah produk dalam upaya menghadapai kompetisi bisnis bukan sesuatu yang benar bahkan harus dihindari dalam merencanakan strategi bisnis, sebab menjadi kemungkinan besar pebisnis tidak segan-segan akan menurunkan kualitas produknya, karena sudah tidak mau rugi. Mungkin satu atau dua kali pebisnis menjual dengan harga yang tak seimbang dengan produknya, maksudnya kualitas tetap bagus dan harganya murah. Itu strategi bisnis yang tak mungkin bertahan lama karena merugikan bisnis mereka.

Lalu strategi apa yang harus Anda lakukan? Meningkatkan kualitas service adalah  strategi bisnis ala Mardigu Wowiek dalammenghadapi pesaing yang turunkan harga. Artinya Anda tidak perlu ikut-ikutan turunin harga produk dagangan Anda, jangan terlalu iri dengan strategi tidak tepat yang mereka lakukan. Anda harus memilih tindakan meningkatkan kualitas service (pelayanan).

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menambah menu, misalnya Anda seorang pebisnis bubur ayam, yang harus Anda lakukan adalah menambah toping ke bubur ayam tersebut. Dagangan Anda menjadi bervariasi menu-menunya, yang awalnya hanya bubur biasa, sekarang sudah ada bubur biasa dan bubur ayam plus toping. Toping bisa Anda pilih bubur tambah ceker ayam, tambah ati ampela, tambah telor, tambah tongcai, kerupuk, emping, cakwe dan toping bubur menarik lainnya. Harga bubur ditambah toping jangan buat harga yang sama dengan bubur biasa tapi harus dinaikkan dengan mempertimbangkan keuntungan yang sewajarnya saja.

Jika strategi ini yang Anda pilih, kemungkinan konsumen akan lebih tertarik dengan produk bubur dari Anda, karena konsumen cenderung lebih penasaran dengan produk yang unik. Alhasil bubur biasa yang dijual dengan harga murah tidak lagi menarik pelanggan mereka.

Selain membuat alternatif produk, Anda harus mengadakan promo untuk menyangi mereka yang banting harga murah. Karena tindakan mengadakan promo adalah salah satu strategi bisnis ala Mardigu Wowiek. Strategi ini juga ada aturannya, Anda tidak boleh sembarangan mengadakan promo.

Promo yang harus Anda tawarkan usahakan di waktu-waktu warung Anda sepi, misalnya warung Anda sepi dari  jam 13:00 sampai 17:00 WIB. Promo bisa Anda lakukan di jam-jam tersebut, di jam tersebut bisa Anda buat promo makan gratis es teh atau gratis tambahan nasi. Intinya pilih bahan masakan yang harganya murah untuk dijadikan pilihan promo.

Promo yang lain bisa Anda buat dengan memainkan  jumlah total bon belanjaan mereka. Misalnya, jika mereka sudah menghabiskan dagangan Anda seharga Rp. 50 ribu, buatlah promo dengan memberikannya gratis makan 2 kali selama dua bulan. Jangan lagi ikut-ikutan menurunkan harga dalam menghadapi kompetis bisnis.

Inilah sedikitnya strategi bisnis ala Mardigo Wowiek yang wajib Anda coba untuk menghadapi kompetisi bisnis yang ketat seperti sekarang. Semoga bermanfaat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here