Home Bisnis Cara Membangun Bisnis Motivasi dan Coaching Dengan Modal Nol Rupiah Menggunakan Webblog

Cara Membangun Bisnis Motivasi dan Coaching Dengan Modal Nol Rupiah Menggunakan Webblog

19
0

Pada dasarnya setiap orang membutuhkan seorang motivator agar menjadi lebih semangat dalam menjalani hidup. Terutama saat mengalami suatu masalah yang terasa sulit untuk dihadapi dan diselesaikan.

Begitu juga jika Anda seorang pengusaha atau pebisnis. Selain membutuhkan motivator untuk menyemangati kinerja Anda dan karyawan Anda, Anda juga butuh seorang Coach yang mampu membimbing dan mengarahkan Anda untuk mengoptimalkan potensi dalam diri Anda dan karyawan sehingga perusahaan Anda menjadi lebih maju dan berkembang pesat.

Pada umumnya, perusahaan-perusahaan baru akan membutuhkan seorang motivator atau coach. Oleh karena itu, bisnis motivasi dan coaching sebenarnya bisa menjadi peluang yang sangat menggiurkan bagi Anda. Apalagi pada era yang serba digital ini, Anda bisa membuka usaha atau bisnis tersebut dengan modal nol rupiah. Anda cukup menggunakan webblog saja untuk memulainya.

Sebagai seorang pemula, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mulai mengembangkan bisnis Anda.

Membuat Webblog

Mulailah dengan membuat webblog atau blog yang menampilkan bisnis Anda. Gunakan blog gratisan seperti Blogger atau WordPress agar Anda tidak mengeluarkan biaya untuk memiliki blog. Cukup bermodalkan kuota internet, Anda sudah bisa memulai registrasi di salah satu atau kedua blog tersebut.

Tampilan Weblog

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, Anda sudah mempunyai blog yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah tampilan blog Anda. Usahakan menggunakan desain atau template yang sederhana tetapi menimbulkan kesan yang meyakinkan bahwa blog tersebut merupakan milik seorang motivator atau coach yang mumpuni.

Isi Blog

Setelah tampilannya sudah bagus, Anda harus membuat tulisan yang menggambarkan bisnis Anda. Agar calon target market lebih percaya untuk menggunakan jasa Anda, Anda juga perlu mencantumkan data atau CV Anda di blog tersebut. Tonjolkan hal-hal yang berkaitan dan menunjang bisnis motivasi dan coaching Anda sehingga pengunjung blog merasa yakin jika Anda pantas menjadi motivator atau coach mereka.

Selain mengisi blog dengan tulisan penawaran dan manfaat jika menggunakan jasa Anda, Anda juga perlu menampilkan tulisan yang berisi tentang motivasi atau coaching yang umum dengan gaya tulisan how to atau lainnya. Ini ditujukan agar para pengunjung blog Anda semakin yakin dengan kualitas dan kapasitas Anda sebagai motivator dan coach.

Promosi Blog

Setelah blog Anda selesai dibuat dan diisi dengan berbagai penawaran dan tulisan-tulisan bagus terkait dengan bisnis Anda, Anda selanjutnya bisa mempromosikan blog Anda di seluruh akun media sosial Anda.

Anda juga bisa melakukan broadcast ke nomor kontak teman-teman yang menurut Anda membutuhkan jasa Anda. Bisa juga dengan mulai menyapa dan bersilaturrahim dengan teman dekat Anda. Berbasa-basi terlebih dahulu kemudian sisipkan informasi tentang bisnis motivasi dan coaching Anda di sela obrolan hangat Anda.

Bangun Personal Brand

Untuk meningkatkan kepercayaan calon target market jasa Anda, Anda bisa mulai membangun personal brand Anda melalui seluruh media sosial Anda. Usahakan untuk selalu memposting tulisan yang berisi kebaikan-kebaikan saja. Jangan pernah membuat tulisan yang membuat orang lain berpikiran kalau Anda memiliki pemikiran atau prilaku yang tidak baik.

Mulailah tulisan yang berisi tentang motivasi-motivasi hidup dari perspektif agama, psikologis, dan lain-lain. Hal yang perlu Anda hindari adalah dengan selalu memposting penawaran bisnis Anda tanpa diselang-selingi dengan tulisan lain agar orang lain tetap betah berteman dengan Anda.

Anda bisa menggunakan metode soft selling dengan menggunakan copywriting yang ciamik. Dengan begitu, teman-teman atau followers Anda tidak terganggu dengan postingan Anda yang disisipi iklan tentang bisnis motivasi dan coaching Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here