Home Motivation Dampak Subsidi Pemerintah kepada UMKM dalam Menghadapi Resesi

Dampak Subsidi Pemerintah kepada UMKM dalam Menghadapi Resesi

41
0

Dampak Subsidi Pemerintah kepada UMKM dalam Menghadapi Resesi – Pandemi virus Corona yang menyerang seluruh dunia memberi efek yang luar biasa. Keterbatasan yang diberlakukan juga turut membatasi gerak ekonomi. Hal tersebut lantas membuat banyak pihak menanggung kerugian, terutama para pelaku bisnis. Permintaan menurun membuat banyak pekerja terpaksa diberhentikan. Hingga akhirnya hampir semua orang mengalami kesulitan ekonomi yang disebut dengan istilah resesi.

Indonesia termasuk negara yang menghadapi resesi di masa pandemi ini. Pemerintah tentu tidak diam saja menanggapi kondisi tersebut. Sejak awal masa pandemi, beberapa langkah nyata sudah dilakukan pemerintah untuk membuat ekonomi masyarakat tetap stabil. Salah satunya dengan memberi subsidi pada UMKM yang sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Program subsidi ini tentu dilakukan untuk tujuan tertentu. Inilah dampaknya.

UMKM Tetap Bertahan

Semua aspek menerima dampak dari mewabahnya virus Corona yang sampai saat ini belum juga reda. Namun tidak semua merasakan dampak yang parah, salah satunya adalah UMKM. Pelaku usaha kecil, mikro dan menengah termasuk yang masih bisa bertahan di tengah resesi. Kemampuan bertahan UMKM ini didukung program subsidi pemerintah. Karena subdisi pemerintah diperuntukkan bagi usaha yang memiliki pinjaman di bawah 10 milyar rupiah. UMKM termasuk dalam kategori tersebut.

Daya Beli Masyarakat Terjaga

Bertahannya UMKM tentu membawa keuntungan bagi pelakukanya. Sehingga mereka tidak kehilangan daya beli sama sekali meski ada pengurangan dan penurunan. Daya beli dari sekelompok masyarakat tentu akan membawa dampak lebih luas. Perekonomian tetap bisa berjalan walaupun tidak lagi selancar sebelumnya. Inilah yang memang menjadi salah satu tujuan utama dari pemberian subsidi oleh pemerintah. Dampak subsidi pemerintah ini diharapkan bisa mengurangi beban hidup masyarakat.

Perekonomian Mulai Bangkit

Pemerintah menggelontorkan dana besar untuk memberikan subsidi pinjaman kepada para pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 ini. Jenis subsidi yang diberikan ternyata tidak hanya berupa keringanan pinjaman, tapi berupa dana sebagai bantuan langsung. Subsidi yang berlangsung secara berkala ini berhasil membuat perekonomian bangkit sedikit demi sedikit. Memang keadaan sulit seperti sekarang ini tidak akan berangsur normal dalam waktu sekejap. Namun setidaknya subsidi pemerintah telah banyak membantu masyarakat.

UMKM Lebih Produktif

Dampak subsidi pemerintah dalam rangka menekan kerugian akibat pandemi Covid-19 ternyata juga meningkatkan produktivitas UMKM. Banyak usaha yang kemudian bergerak untuk menghasilkan produk yang banyak membantu masyarakat di tengah pandemi ini. Sebagai contoh, banyak UMKM yang beralih menjadi produsen masker demi memenuhi kebutuhan pasar akan benda penting tersebut. Bahkan kreativitas juga tercipta karena masker tidak hanya sekadar pelindung namun juga dibuat dengan banyak variasi menarik.

Mengembalikan Semangat Hidup

Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi Corona yang menyerang dunia juga berdampak pada sisi psikologis masyarakat. Tidak sedikit dari mereka yang menanggung stress hingga depresi karena kesulitan yang diderita. Pemberian subsidi pada UMKM secara tidak langsung bisa menjadi pereda kekacauan psikologis. Dengan roda ekonomi yang terus berputar dan geliat pasar yang berangsur membaik, stress dan depresi dapat mereda. Bantuan dan keringanan dari pemerintah ini nyatanya bisa menjawab kesulitan masyarakat.

Resesi bukan suatu hal yang diinginkan semua orang. Namun kedatangannya seringkali tidak bisa dihindari terlebih saat kondisi dunia sedang kesulitan seperti sekarang ini. Ffeknya juga kerap sangat mengkhawatirkan. Dalam hal ini, pemerintah berperan penting untuk meredakan efek tersebut dengan pemberian subsidi pada UMKM. Dampak pemberian subsidi itu akhirnya dirasakan secara luas. Tidak hanya bagi pelaku usaha, namun juga masyarakat secara keseluruhan. Risma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here