Home Motivation Dampak Pandemi Covid-19 dan Resesi terhadap Blogger Publisher Google Adsense

Dampak Pandemi Covid-19 dan Resesi terhadap Blogger Publisher Google Adsense

23
0

Dampak Pandemi Covid-19 dan Resesi terhadap Blogger Publisher Google Adsense – Penyakit corona atau covid-19 sampai saat ini masih belum bisa ditanggulangi. Karena penyakit ini, banyak sekali pihak yang terganggu stabilitasnya. Terutama di aspek perekonimian. Setelah beberapa bulan pertama diadakan lock down, kemerosotan ini mulai terasa. Hal itu juga berlaku bagi para blogger dan juga publisher di Google AdSense.

Nasib Para Blogger dan Publisher di Google AdSense Pasca Corona

Meskipun secara logika kebanyakan orang mengira bahwa para blogger dan publisher ini akan meraup banyak untung, kenyataannya itu tidak terjadi. Tingkat akses terhadap internet memang meningkat. Sayangnya, akses internet yang dilakukan selama masa lock down, work from home dan juga belajar dari rumah itu hanya akses pada situs-situs tertentu saja. Hal ini justru tidak berlaku bagi para blogger yang mengandalkan penghasilan dari Google AdSense.

Dampak pandemi covid-19 membuat blog-blog yang membahas niche tempat liburan, traveling dan sejenisnya tidak memiliki banyak peminat. Tentu saja, itu akibat dari adanya lock down. Meskipun saat ini lock down sudah dibuka, kebanyakan orang masih lebih memilih berlibur di wilayah atau daerah di skeitar tempat tinggal. Masih sedikit orang yang memutuskan untuk bepergian ke tempat yang jauh meskipun sudah sangat ingin bepergian.

Roda perekonomian masih cukup lancar bagi para pengusaha di bidang e-commerce. Karena dilarang bepergian, mau tidak mau segala keperluan dibeli secara online. Selain di bidang e-commerce, penyedia pelatihan dan pembelajaran online serta aplikasi terkait juga diuntungkan. Aplikasi-aplikasi konferensi yang dulu sedikit peminatnya kini mendadak banyak digunakan, bahkan yang namanya tidak pernah terdengar sebelumnya.

Dampak pandemi covid-19 juga membawa keuntungan bagi provider internet yang mendadak mendapat banyak pembelian karena penggunaan paket data meningkat dengan pesat. Bukan hanya untuk menghabiskan waktu luang saja, keberadaan internet ini menjadi lebih aktif karena kegiatan belajar dari rumah sehingga para pengajar mengajar secara daring. Para pekerja yang melakukan aktivitas kerja dari rumah tidak bisa lepas dari penggunaan data internet ini.

Kebijakan Baru Google AdSense Pasca Corona

Terlepas dari semua keuntungan yang diperoleh oleh beberapa pihak, pandemi ini sedikit menyulitkan bagi para publisher di Google AdSense. Semenjak adanya wabah ini, Google membuat kebijakan baru mengenai pemasangan iklan di layanannya. Selain karena keterbatasan pekerja, pemasangan iklan di situs yang membahas isu-isu sensitif seputar niche kesehatan, terutama menyangkut corona, lebih dibatasi.

Pembatasan ini dilakukan untuk mengurangi dampak pandemi covid-19 yang bernada negatif. Di saat genting seperti sekarang ini banyak juga orang yang memanfaatkan situasi dalam cara yang tidak seharusnya. Pihak Google juga jadi lebih memperketat penyaringan iklan yang masuk dan ditayangkan. Untuk pengulasan situs saja yang biasanya hanya membutuhkan waktu satu hari kini memerlukan waktu 3 hari.

Bagi para publisher baru yang mendaftarkan diri di Google AdSense kini harus lebih bersabar. Konfirmasi penerimaan yang biasanya sudah diberikan dalam hitungan hari kini harus menunggu kabar kepastian selama seminggu bahkan ada juga yang memerlukan waktu hingga satu bulan. Pemberitahuan keputusan dalam jangka waktu tersebut sudag bisa dibilang beruntung karena sebelumnya Google bahkan sempat menutup sementara pendaftaran di Google AdSense.

Dampak pandemi covid-19 ini diharapkan segera berlalu supaya para blogger dan publisher bisa mendapatkan kestabilan dalam usahanya seperti semula. Adapun kebijakan-kebijakan baru yang ditetapkan semoga bisa memberi lebih banyak keuntungan bagi kedua belah pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here