Home Bisnis Bisnis Paling Kuat Menahan Resesi Ekonomi dalam Sektor Pangan

Bisnis Paling Kuat Menahan Resesi Ekonomi dalam Sektor Pangan

32
0

Bisnis Paling Kuat Menahan Resesi Ekonomi dalam Sektor Pangan – Ketika seluruh dunia mengalami resesi ekonomi secara global, baik pemerintah, perusahaan, maupun konsumen berupaya untuk memahami apa yang sedang terjadi dan berusaha memutuskan tindakan apa yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Begitu pula halnya dengan Anda, segala macam upaya harus dilakukan jika ingin bertahan. Intinya, Anda harus bisa memprediksi usaha apa yang akan tetap bertahan di tengah masa krisis ekonomi. Dengan melakukan pengamatan, Anda bisa melihat setiap peluang yang muncul sehingga mampu bertahan saat resesi ekonomi seperti saat ini.

Dari beberapa sektor, yang dianggap sebagai peluang usaha yang paling mampu bertahan adalah sektor pangan. Hal ini terbukti dengan adanya para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang bergerak di sektor pangan tetap produktif di tengah pandemi virus corona.

Selain itu, pelaku UMKM yang berpotensi tetap produktif tersebut adalah pelaku bisnis yang sudah digital. Sebab, UMKM tersebut bisa tetap menjalankan usahanya walau ada kebijakan untuk beraktivitas di rumah atau WFH (Work From Home). Bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis paling kuat yang bisa mendatangkan keuntungan di masa pandemi ini bisa mencoba membuka usaha yang berhubungan dengan sektor pangan.

Bisnis pertama yang bisa Anda coba adalah membuka usaha kebutuhan bahan pokok. Walau sedang mengalami krisis ekonomi, salah satu kebutuhan yang sulit untuk diabaikan adalah kebutuhan bahan pokok tersebut. Itu sebabnya bisnis sektor pangan yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang tetap bertahan dalam kondisi apapun.

Anda hanya perlu mengelola keuangan dengan cermat, terutama dalam hal penyediaan modal. Jadi, ketika harga bahan sedang turun Anda bisa mengambil peluang tersebut. Dan sebaliknya, ketika harga bahan pokok sedang naik, Anda masih tetap bisa bertahan.

Bisnis yang kedua adalah menjual sayur dan buah secara online. Saat pemerintah menghimbau agar beraktivitas di rumah saja, sebagian penduduk memilih untuk memenuhi kebutuhannya dengan membelinya secara online. Momen inilah yang bisa dimanfaatkan, yaitu dengan berjualan buah dan sayur secara online.

Bisnis paling kuat berikutnya adalah berjualan frozen food, yaitu usaha makanan siap saji yang dibekukan. Ketika krisis ekonomi di tengah masa pandemi seperti saat ini, permintaan akan produk jenis ini justru mengalami peningkatan karena para konsumen tidak bisa bepergian keluar rumah.

Usaha Food and Beverage (F&B) juga merupakan salah satu bisnis sektor pangan yang menjanjikan. Sebab, masyarakat pasti membutuhkan pasokan makanan dan minuman dalam kondisi apapun, bahkan saat kondisi ekonomi serba sulit sekalipun.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha yang satu ini juga relatif kecil dan tenaga kerja yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Namun, laba yang dihasilkan lumayan besar dan perputaran kas juga cukup cepat. Intinya, dengan membuka bisnis F&B Anda masih bisa tetap bertahan karena tidak akan surut atau kehilangan konsumen. Setidaknya, walaupun mengalami penurunan akibat krisis ekonomi namun tidak sampai mengalami kebangkrutan.

Untuk media promosi semua usaha tersebut, selain berjualan secara offline Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi melalui marketplace, line, atau whatsapp. Dengan memanfaatkan beberapa platform tersebut, maka bisnis yang Anda jalankan bisa menjangkau target market yang semakin luas.

Agar bisa tetap bertahan dalam masa krisis ekonomi, salah satu sektor yang berpeluang memiliki bisnis paling kuat adalah sektor pangan. Anda bisa berjualan sayur dan buah secara online, usaha kebutuhan bahan pokok, frozen food, atau membuka usaha food & Beverage. Dengan memanfaatkan beberapa platform sebagai media promosi bisa membuat bisnis Anda tetap bertahan. Ratna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here