Home Food & Drinks Bagaimana Strategi Mengembangkan Bisnis Layanan Teknologi Perangkat Lunak

Bagaimana Strategi Mengembangkan Bisnis Layanan Teknologi Perangkat Lunak

60
0

Bagaimana Strategi Mengembangkan Bisnis Layanan Teknologi Perangkat Lunak. Meningkatkan usaha di masa sulit seperti saat ini ini acapkali dibilang susah oleh banyak orang. Begitu juga untuk meningkatkan atau mengembangkan bisnis tentu bukan masalah yang gampang. Anda wajib betul- betul bekerja serta berjuang ekstra keras untuk memperoleh hal itu. Di sisi lain mereka yang sungguh- sungguh mau meningkatkan usaha tersebut rela meninggalkan kepentingan individu.

Adapun kunci untuk menjadi pengusaha yang sukses itu wajib bekerja keras, pintar serta pantang menyerah. Begitu juga dengan bisnis layanan teknologi perangkat lunak. Perangkat Lunak (aplikasi) ialah informasi elektronik yang ditaruh sedemikian rupa pada PC. Informasi yang ditaruh ini bisa berbentuk program ataupun instruksi yang hendak dijalankan oleh perintah, ataupun catatan- catatan yang dibutuhkan oleh pc untuk melaksanakan perintah yang dijalankannya.

Nah, bagaimana strategi mengembangkan bisnis layanan teknologi perangkat lunak, tertutama saat masa pandemi seperti ini? Simak ulasan tentang strateginya dibawah ini ya!

  1. Tingkatkan Promosi

Sekalipun bisnis layanan perangkat lunak cenderung online dan kelihatan tidak terpengaruh saat pandemi, namun Anda sebagai pelaku bisnis tetap harus meningkatkan promosi dengan berbagai cara. Salah satu cara yang masih terbilang efektif yaitu via social media atau media online lainnya. Selain itu, dengan memberikan diskon special saat event tertentu seperti saat peringatan kemerdekaan tgl 17 Agustus misalnya, juga tergolong efektif dan menggiurkan.

  • Tingkatkan Sumber Daya

Strategi satu ini berkaitan dengan SDM atau sumber daya manusia dan juga sumber daya produk. Meningkatkan sumber daya manusia salah satu caranya yaitu memilih dan menyeleksi karyawan yang handal. Dengan adanya karyawan handal, otomatis pelayanan kepada member atau customer perangkat lunak Anda akan puas dan bahkan tertarik untuk memakai perangkat lunak Anda seterusnya.

Salah satu cara meningkatkan sumber daya produk yaitu dengan memilih alat-alat atau perangkat penunjang yang berkualitas dan tidak mudah rusak serta meningkatkan inovasi perangkat lunak tersebut. Misal, jika Anda menjual sofware server pulsa maka dibutuhkan dongle untuk menghubungkan software dengan komputer. Nah, dongle tersebut hendaknya dipilih yang benar- benar berkualitas sehingga akan tahan hingga puluhan tahun lamanya.

  • Perluas Jaringan

Strategi mengembangkan bisnis layanan teknologi perangkat lunak ketiga yaitu memperluas jaringan. Sekalipun bisnis Anda sudah terkenal, tetapi jika Anda diam saja tidak memperluas jaringan, maka bisnis Anda akan stuck dan jalan ditempat. Memperluas jaringan sangat diperlukan agar bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang dengan pesat. Salah satu caranya yaitu dengan bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu yang sekiranya akan membutuhkan software yang tengah Anda kembangkan.

  • Pahami Pesaing

Strategi terakhir untuk mengembangkan bisnis layanan teknologi perangkat lunak yaitu dengan memahami pesaing. Meskipun terdengar klise, namun strategi satu ini juga cukup jitu. Dengan mengetahui dan memahami bagaimana gerak gerik pesaing Anda, tentu Anda akan mendapatkan celah untuk mengetahui kelemahan pesaing dan memasukkan kelebihan pada produk Anda yang tidak dipunyai oleh pesaing.

Demikian artikel tentang bagaimana strategi mengembangkan bisnis layanan teknologi perangkat lunak. Bagi Anda pebisnis yang bergerak di bidang ini tentu tidak perlu khawatir jika bisnis Anda akan stuck atau berhenti di tengah jalan. Pasalnya, bidang satu ini meskipun perkembangannya sangat cepat dan butuh inovasi tinggi, pada dasarnya bidang layanan satu ini cukup menjanjikan dan potensinya masih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here