Home Interior Bagaimana Cara Menghitung Valuasi Bisnis Teknologi Perangkat Lunak

Bagaimana Cara Menghitung Valuasi Bisnis Teknologi Perangkat Lunak

43
0

Bagaimana Cara Menghitung Valuasi Bisnis Teknologi Perangkat Lunak – Sebuah badan usha atau bisnis pasti memiliki sebuah valuasi yang jelas. Dimana valuasi tersebut yang menentukan seberapa berharganya sebuah bidang usaha tersebut. Valuasi sendiri diartikan sebagai sebuah nilai (ekonomi) dalam sebuah bisnis. Nilai inilah yang biasanya akan dijadikan sebagai titik tolak ukur bagi sebuah usaha bisnis dalam menentukan besar atau kecilnya sebuah perusahaan bisnis dalam berpotensi untuk sukses.

Valuasi bisnis sendiri dapat dihitung dengan menggunakan berbagai pendekatan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan faktor pendukung dari sebuah badan usaha, dalam hal ini adalah teknologi perangkat lunak. Namun biasanya sebuah valuasi dimulain dari startup. Dari sinilah nanti akan ditemukan cara menghitung valuasi bisnis teknologi perangkat lunak. Dimana sebelum menghitungnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

  • Faktor cost to duplicate

Maksut dari faktor ini adalah penghitungan terhadap sebuah bisnis yang mana bisnis tersebut memiliki jenis yang sama dengan bisnis anda. Hanya saja, penghitungan ini dilakukan untuk bisnis baru yang dimulai dari awal. Dengan kata lain, faktor ini adalah penghitungan untuk usaha ekspansi dari sebuah bisnis teknologi perangkat lunak yang anda miliki.

Cara menghitung valuasi bisnis teknologi perangkat lunak ini meliputi berbagai macam aspek pembangun bisnis anda seperti awal mula anda membangunnya. Yakni beberapa asset yang memiliki nilai visik dan dapat dihitung besaran nilainya.

  • Faktor multiple

Ini merupakan sebuah faktor lanjutan dari faktor pertama yang berkaitan langsung dengan target pasar yang anda inginkan. Dimana sebuah nilai valuasi dari perusahaan anda bisa anda tawarkan sesuai dengan acuan yang saat ini sedang hangat di pasaran. Jika harga yang akan dibayarkan oleh inverstor bisa melebihi dari harga asli yang anda tawarkan, maka anda bisa menggunakannya sebagai langkah awal untuk ekspansi bisnis teknologi perangkat lunak yang anda miliki.

  • Faktor discounted cash flow

Faktor yang satu ini merupakan cara menghitung valuasi bisnis teknologi perangkat lunak dengan menggunakan prediksi potensi yang bisa dihasilkan dari sebuah perusahaan. Jadi meskipun perusahaan baru berdiri, namun jika bisa memberikan gabaran potensinya di masa depan, maka nilai valuasinya juga akan semakin naik. Meskipun terkesan tidak pasti, namun dengan jika perusahaan tersebut bisa melihat situasi dan kondisi pasar dengan naik turunnnya harga. Maka besar kemungkinan apa yang diprediksikan bisa terwujud. Dimana imbasnya akan kembali kepada nilai valuasi bisnis yang semakin meningkat.

  • Faktor valuation by stage

Ini merupakan sebuah faktor yang digunakan sebagai cara menghitung valuasi bisnis teknologi perangkat lunak yang menggunakan sebuah rasio atau rentang dari sebuah valuasi perusahaan. Dimana rasio tersebut yang menentukan potensi sebuah perusahaan dimasa yang akan datang. Dan setiap selisih rasio akan membedakan rangking dari perusahaan yang satu dengan yang lain.

Dimana sebenarnya rasio atau rentang ini sudah memiliki standar minimal. Jadi cukup mudah bagi seseorang untuk menilainya. Dan semakin banyak nilai valuasi dari sebuah perusahaan, maka potensinya di masa depan juga akan semakin besar.

Setelah anda mengetahui cara menghitung valuasi bisnis teknologi perangkat lunakdengan beberapa faktor diatas, saatnya anda mengukur nilai valuasi dari badan usaha yang anda miliki. Dengan nilai valuasi yang tinggi, anda bisa meminta para inversor untuk menanamkan saham mereka pada perusahaan anda. Sehingga perusahaan anda akan semakin maju dan berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here