Home Interior Bagaimana Cara Menghitung Peluang Pasar Dan Target Pasar Dalam Bisnis Teknologi Perangkat...

Bagaimana Cara Menghitung Peluang Pasar Dan Target Pasar Dalam Bisnis Teknologi Perangkat Lunak

58
0

Bagaimana Cara Menghitung Peluang Pasar Dan Target Pasar Dalam Bisnis Teknologi Perangkat Lunak – Sebelum anda menghitung peluang pasar dan target pasar untuk jenis produk yang akan anda twarkan, ada baiknya anda melihat dulu jenis produk yang akan anda jual. Hal ini akan sangat besar pemgaruhnya terhadap kejelasan target dan peluang di pasr yang akan anda hitung.

Jika peluang pasar besar, maka target pasar anda akan cepat terpenuhi, begitu juga sebalinya. Sedangkan cara menghitung peluang pasar dan target pasar dalam bisnis teknologi perangkat lunak ini akan menjadi mudah jkia dua hal sebelumnya sudah anda mengerti. Pada dasarnya peluang dan target itu selalu berjalan berdampingan, dan kedua hal tersebut dangat berguna untuk mengetahio potensi penjualan produk anda. Untuk menghitung kedua hal tersebut, bisa anda mulai dari beberapa hal berikut:

  • Dimulai dengan asumsi pribadi

Di sini anda bisa menghitung peluang dan target pasar anda denga asumsi yang anda miliki. Anda harus tau produk apa yang anda jual, dan siapa yang akan menjadi konsumen produk yang anda tawarkan. Misalnya produk yang akan anda tawarkan adalah perangkat lunak, maka target anda adalah orang-orang yang mengerti dalam bidang IT.

Jadi untuk peluang pasar yang bisa anda hitung adalah orang-orang yang berkecimpung dalam dunia IT, bisa berupa sekolah, kampus ataupun instansi pemerintah. Cara menghitung peluang pasar dan target pasar dalam bisnis teknologi perangkat lunak sangt mudah jika anda sudah mengenali produk dan tujuan penawaran anda.

  • Perhatikan persaingan pasar

Hal ini bisa mempengaruhi perhitungan anda ketika memperhitungkan peluang dan target pasar. Pasalnya bisa saja bisnis perangkat lunak ini tidak hanya anda yang memilii, tetapi juga orang lain. Anda harus jeli dalam mengamati setiap kelemahan dari kompetitor anda. Agar anda bisa terus mencari celah untuk bisa memasarkan produk anda sesuai target market dan peluang yang ada di pasar.

  • Feedback dari pelanggan

Hal yang paling berpengaruh saat anda mencari sebuah cara menghitung peluang pasar dan target pasar dalam bisnis teknologi perangkat lunak adalah tanggapan dari konsumen atau pelanggan anda. Dimana biasanya anda akan mendapatkan informasi secara langsung tentang kekurangan maupun kelebihan produk anda. Yang bisa anda jadikan sebagai evaluasi untuk marketing ditahap berikutnya.

Peran pelanggan di sini selain sebagai konsumen juga bisa menjadi marketing secara tidak langsung. Sebab saat pelanggan anda puas dengan barang yang anda tawarkan, secara otomatis ia akan merekomendasikan perusahaan anda kepada keluarga atau teman-temanya. Nah, disini berarti peluang dan terget pasar anda juga akan lebih luas lagi.

  • Promosi dengan keunggulan produk

Untuk mengetahui seberapa minat para konsumen dengan barang anda, maka anda hanya tinggal melakukan marketing dengan menyebutkan kelebihan dari produk yang anda tawarkan. Dengan begitu anda bisa melihat berapa banyak respon dari target market, dan seberapa besar paluang anda jika anda mempromosikan kelebihan produk anda.

Cara menghitung peluang pasar dan target pasar dalam bisnis teknologi perangkat lunak antara satu orang dengan yang lain sangatlah berbeda. Sebab mereka memiliki interpretasi sendiri-sendiri dalam menentukan sebuah nilai dari target yang dibuat. Namun jika hanya sebagai acuan, mungkin ulasan diatas sudah cukup mewakili dari beberapa strategi yang pernah diterapakan di pasar. Sebab pada dasarnya kondisi pasar bisa berubah sewaktu-waktu dan tidak dapat diprediksi dengan tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here