Home Racing Potensi Bisnis Retail Transmart

Potensi Bisnis Retail Transmart

37
0

Potensi Bisnis Retail Transmart. Pada era globalisasi ini, banyak perusahaan yang bermunculan di Indonesia termasuk perusahaan retail. Perusahaan ini menjual barang atau produk dalam bentuk eceran dan konsumen yang membeli barang di sana memakainya untuk keperluan pribadi. Dengan kata lain, produk yang dibeli tidak untuk dijual lagi untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu perusahaan retail modern yang terus mengalami perkembangan adalah Transmart. Transmart tetap eksis dan terus membuka cabang di berbagai daerah. Padahal banyak bisnis sejenis satu persatu gulung tikar alias bangkrut.

Ternyata, untuk bisa bertahan di bisnis retail, Transmart menggunakan strategi pemasaran yang disebut experience marketing. Perusahaan ini berharap setiap konsumen mendapatkan pengalaman lebih dalam berbelanja. Artinya, konsumen mendapatkan pengalaman menarik lain ketika berbelanja di sana.

Pengalaman positif tersebut nantinya secara alami diceritakan oleh satu konsumen ke orang lain atau calon konsumen. Oleh karena itu kemungkinan besar konsumen bisnis retail Transmart akan semakin banyak pembeli baru yang ingin memperoleh pengalaman yang sama.

Ada beberapa keunggulan Transmart dalam menjalankan bisnis retail agar tetap bertahan dan semakin berkembang.

One-Stop Shopping

Transmart berupaya untuk terus memberikan service standard yang setara dengan pelayanan kelas dunia. Transmart berusaha untuk menyediakan produk yang lengkap untuk kebutuhan konsumen sehari-hari dengan memberi penawaran harga yang kompetitif.

4 in 1

Konsep inilah yang sepertinya membuat Transmart tetap bertahan dan terus berkembang hingga saat ini. Transmart memberikan beberapa fasilitas tambahan yang bisa diakses dengan mudah oleh konsumen yang ingin atau tengah berbelanja. Di antaranya adalah Mini Trans Studio, cafe dan restoran, bioskop, dan Theme Park.

Konsep ini menghasilkan pengalaman baru dalam berbelanja yang dirasakan oleh konsumen. Hal ini dilakukan agar masyarakat selaku konsumen tetap tertarik untuk berbelanja di perusahaan retail walaupun banyak minimarket-minimarket menjamur dengan beragam promosi agar masyarakat tertarik untuk berkunjung dan melakukan transaksi.

Desain Bangunan

Untuk masuk ke dalam mal, perusahaan bisnis retail Transmart memberikan pelayanan berupa waktu singkat yang akan ditempuh konsumen dari lokasi parkir. Konsumen cukup menghabiskan waktu lima menit menuju mal di saat mal dari perusahaan retail lain membutuhkan waktu 15 menit.

Suasana Lokasi

Transmart semakin berbenah diri dengan menghadirkan berbagai konsep baru seperti pembagian koridor belanja yang jauh lebih rapi. Suasana yang ditimbulkan juga lebih luang dan lapang sehingga konsumen mendapatkan kenyamanan maksimal. Pada area informasi, Transmart menyediakan longue yang dilengkapi dengan sofa sehingga pengunjung bisa duduk dengan nyaman sambil menunggu antrean.

Fasilitas Tambahan

Mal ini menyediakan fasilitas tambahan lain seperti Fashion and Beauty yang menyediakan beragam merek berkualitas. Terdapat busana pria dan wanita untuk sehari-hari, casual, dan kerja, serta terdapat juga pakaian bayi dan anak-anak.

Kemudian ada fasilitas tambahan di bisnis retail Transmart yang dinamakan Electronic Pro yang menyediakan berbagai jenis produk elektronik, mulai dari TV, DVD player, AC, kipas angin, kulkas, oven, dan peralatan rumah tangga lainnya. Di samping itu, ada Trans Hello yang menyediakan kebutuhan masyarakat akan gadget. Berbagai merek tersedia lengkap mulai dari ponsel pintar, tablet, power bank, modem, headphone, dan lain-lain.

Selanjutnya ada Food and Beverages yang menyediakan masakan tradisional maupun internasional. Tersedia Kids City yang didesain dengan suasana seolah sedang berpetualang ke berbagai negara.

Semua layanan dan fasilitas di atas diberikan oleh Transmart untuk memberikan pengalaman berbeda selama berbelanja. Pengunjung pun tidak lagi bertujuan hanya sekadar berbelanja kebutuhan pokok saja, tetapi mereka juga mengunjungi Transmart untuk menikmati berbagai layanan dan fasilitas yang ditawarkan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin berbisnis retail sebaiknya Anda meniru konsep bisnis retail Transmart dan kemudian menciptakan keunggulan dari segi layanan dan fasilitas berbeda sehingga bisnis retail Anda berkembang dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here